Tidak ada pengungkapan di halaman bahwa cerita-cerita itu ditulis menggunakan AI, karena direview oleh jurnalis dan membawa byline mereka.
Jaringan media News Corp Australia telah memproduksi 3.000 artikel per minggu dengan bantuan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) generatif, ungkap ketua eksekutif grup tersebut.
Michael Miller mengatakan selama Kongres Media Berita Dunia, yang diadakan bulan lalu di Taipei, bahwa berita tersebut mencakup cuaca, harga bahan bakar, dan kondisi lalu lintas, menurut situs web perdagangan online Mediaweek.
Tetapi juru bicara organisasi tersebut menegaskan bahwa keputusan editorial untuk artikel yang dibuat oleh AI dibuat oleh jurnalis yang bekerja. Unit Data Lokal News Corp, yang memiliki empat staf dipimpin oleh editor jurnalisme data Peter Judd, bertanggung jawab untuk memproduksi artikel.
Cerita yang dihasilkan AI didistribusikan secara nasional ke 75 masthead “hiperlokal” perusahaan, termasuk Fairfield, Lismore, Penrith, Cairns, dan Bundaberg. Tidak ada pengungkapan di halaman bahwa cerita-cerita itu ditulis menggunakan AI, karena direview oleh jurnalis dan membawa byline mereka.
Juru bicara News Corp. Australia mengatakan artikel tersebut hanya memberikan informasi layanan untuk pembaca masthead lokal. Misalnya, AI digunakan untuk menghasilkan cerita seperti “Di mana menemukan bahan bakar termurah di Penrith”.
“Selama beberapa tahun, kami telah menggunakan otomatisasi untuk memperbarui harga bahan bakar lokal beberapa kali setiap hari, serta daftar pengadilan harian, lalu lintas, cuaca, kematian, dan pemberitahuan pemakaman,” kata juru bicara tersebut.
“Saya akan menekankan bahwa semua informasi dan keputusan tersebut diawasi oleh jurnalis yang bekerja dari tim Data Lokal.”
Miller mengatakan pada konferensi bahwa hyperlocal mastheads bertanggung jawab atas 55 persen dari semua langganan, menurut laporan dari World Association of News Publishers.
Ruang redaksi Australia semakin banyak menggunakan AI, dan outlet media seperti penyiar nasional ABC mencari tahu bagaimana teknologi tersebut dapat meningkatkan aksesibilitas konten mereka. ABC sangat tertarik dengan aplikasi AI untuk penerjemahan, rekomendasi, pengiriman teks ke ucapan, dan personalisasi.